Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo SP Murung Raya Jadi Percontohan Absensi Swafoto

  • Oleh Trisno
  • 08 Juli 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian atau Diskominfo SP Murung Raya menjadi percontohan bagi instansi lainnya di lingkungan pemkab setempat dalam menerapkan sistem absensi swafoto atau selfie.

Kepala Dinas Kominfo Mura, Drs. Bimo Santoso, Rabu, 8 Juli 2020, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola aplikasi menggunakan sarana smartphone dengan berselfie ketika melakukan absensi.

Di mana nantinya absensi dengan sistem canggih tersebut perdana akan diterapkan di kantor Diskominfo sebagai percontohan, apabila effektif maka akan diterapkan secara menyeluruh ke kantor SOPD.

Bimo menjelaskan, Pemerintah beberapa kali merubah system absensi mulai dari manual hingga sidik jari, namun sebagian tidak begitu efektif karena harus menggunakan satu alat, dan kadang ketika rusak maka system absensi tidak bisa dilakukan.

Apalagi saat ini menggunakan absensi sidik jari sudah tidak dianjurkan selama Pandemi Covid-19 karena sangat rentan tertular dengan sarana alat absensi tersebut.

Dan yang akan diterapkan tidak lagi menggunakan satu alat, namun menggunakan handphone masing masing ASN atau tenaga honore kontrak, nanti aplikasi akan didownload dan terkooneksi di server pusat untuk menghimpun data.

Yang menjadi kelebihan aplikasi ini, kata Bimo adalah ASN dan tenaga kontrak tidak lagi bisa hanya mengisi absensi lalu pulang ke rumah, karena posisi yang bersangkutan akan terlacak menggunakan GPS yang ada di aplikasi.

Sehingga ketika pegawai datang ke kantor hanya untuk mengisi absesn tentu akan ketahuan, dan itu tentu sangat baik untuk memangau disiplin ASN.

“Nanti aplikasi ini akan dilauncing per 1 Agustus mendatang bertepatan dengan HUT Kabupaten Mura, saat ini kami sedang berkoordinasi dengan pihak pengembang aplikasi untuk membuat kerja sama, dan tentu diharapkan bisa teralisasi sesuai rencana” kata Bimo. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru