Sekolah Diminta Siapkan Fasilitas Sesuai Protokol Kesehatan Jika Belajar Tatap Muka Dilakukan

  • Oleh Naco
  • 08 Juli 2020 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur,  Rinie A Gagah menyarankan agar sekolah di daerah ini menyiapkan fasilitas sesuai protokol kesehatan untuk  pencegahan Covid-19, jika belajar tatap muka diberlakukan.  

Karena tidak menutup kemungkinan akan ada kebijakan pemerintah tiba-tiba membuka fasilitas sekolah. Maka dari itu perlu dipersiapkan sejak awal untuk itu semua.

Berbagai fasilitas penunjang itu kata politisi PDIP tersebut seperti tempat untuk cuci tangan, pengaturan jarak dan lainnya.

"Meski saat ini sekolah belum aktif, tapi ini harus disiapkan karena memang diperlukan, terlebih menghadapi new normal nanti," kata Rinie, Rabu, 8 Juli 2020.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berencana kembali mengizinkan pembelajaran sistem tatap muka untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Saat ini peraturan bupati terkait masalah itu masih digodok. Jika pembelajaran sistem tatap muka kembali diizinkan, protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 dipastikan akan tetap menjadi syarat utama. Untuk itu sekolah sudah harus mempersiapkan semuanya.

Penyediaan sarana pendukung tersebut perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Jika diperlukan, pemerintah daerah diusulkan membantu penyediaannya seperti tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer.

"Keamanan peserta didik dan seluruh tenaga pendidik, harus menjadi prioritas di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Sekolah harus sudah benar-benar siap melindungi jika memang pembelajaran tatap muka kembali dibuka," tandas Rinie. (NACO/B-5)

Berita Terbaru