Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Seruyan Serahkan Satwa Langka Owa-owa

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 08 Juli 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Satwa langka jenis Owa-Owa atau di sebut Hylobates albibarbis, yang semula dipelihara oleh salah satu warga Desa Selunuk, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan akhirnya di serahkan.

Petugas Seksi Konservasi Wilayah II Kotawaringin Barat  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengevakuasi satwa tersebut, didampingi camat Seruyan Raya, Robi Kurniawan, Selasa, 7 Juli 2020.

Petugas tim evakuasi Seksi Konservasi Wilayah II,  Muda Yulivan menyatakan, owa-owa  yang diamankan masuk  dalam kategori  satwa dilindungi.

Ini sesuai  Undang-Undang No 5/1990   dan PP No 7/1999, satwa yang dilindungi tidak boleh dipelihara, dimiliki, dan diperdagangkan.

"Kami setelah mendapat informasi dari camat Seruyan Raya, langsung bergerak  turun ke lapangan untuk mendaklanjuti laporan dan hari ini langsung dilakukan evakuasi," jelasnya.

Camat Seruyan Raya, Robi Kurniawan sangat  bersyukur,  lantaran warga yang sebelumnya memelihara owa-owa sangat   kooperatif,  mau menyerahkan hewan  yang di peliharanya itu. 

"Sebelum tim evakuasi datang, saya meminta kepada  pemilik, agar  bisa menyerahkan satwa tersebut,  saat di evakuasi kondisi satwa  masih terlihat sehat, “ tandasnya. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru