Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Kementerian ATR/BPN Tinjau Lokasi Food Estate di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Juli 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim dari Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia meninjau salah satu lokasi food estate di wilayah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu sore, 8 Juli 2020.

Rombongan meninjau langsung lahan yang terletak di Handil Perwira, Desa Anjir Serapat Barat, KM 10 Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas.

Tim dipimpin oleh Dirjen Infrastruktur Keagrarian R.M. Adi Darmawan bersama jajaran Kanwil BPN Kalteng, didampingi dari Tim BPN Kabupaten Kapuas.

Dalam kegiatan ini disambut oleh Camat Kapuas Timur Ansyari, Kapolsek Kapuas Timur Iptu Siti Rabiyatul.A, Danrami Kapuas Timur Kapten Inf. Suyanto, sejumlah kepala desa dan para tokoh masyarakat maupun pemilik lahan.

Dirjen Infrastruktur Keagrarian Kementerian ATR/BPN, RM Adi Darmawan mengatakan lahan yang ditinjau itu direncanakan akan dilakukan pembangunan lokasi cetak sawah sebagai daerah surplus produksi beras.

"Iya, kami tadi meninjau salah satu lahan di Kecamatan Kapuas Timur. Lahan itu yang akan dicanangkannya perluasan lahan sawah baru di Kalteng untuk memenuhi kedaulatan pangan terutama beras secara regional," kata Adi Darmawan disela kegiatan.

"Dan ini akan membantu para petani setempat agar bisa meningkatkan sumber ketahanan pangan melalui program pemanfaatan lahan gambut," jelasnya.

"Untuk para pemilik lahan yang belum memiliki sertifikat hak milik atau SHM akan didatakan kembali untuk diterbitkan," lanjut dia.

Sementara itu, dalam kegiatan ini pengamanan dilakukan oleh jajaran personel Polsek Kapuas Timur dan Koramil setempat, sehingga dapat berjalan aman dan lancar.

"Selama berlangsungnya kegiatan dapat berjalan lancar, dan aman serta kondusif," kata Iptu Siti Rabiyatul Adawiyah. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru