Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rakor Penerpaan Kearifan Lokal Cegah Bencana Untuk Samakan Presepsi

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Juli 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kapolres Sukamara, AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana mengatakan bahwa rapat koordonasi penerapan kearifan lokal dalam penanganan bencana di Kabupaten Sukamara untuk samakan presepsi. 

"Kita coba samakan persepsi dengan forkopimda, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Sukamara, bagaimana kita mengakomodir kearifan lokal itu untuk menekan jumlah hotspot yang ada," ucap Kapolres Sukamara, AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, Rabu, 8 Juli 2020.

Menurut dia, dengan adanya kesepahaman dalam hal tersebut, upaya mengadopsi kearifan lokal dalam upaya menekan karhutla di Bumi Gawi Barinjam bisa dilakukan.

"Untuk poin lainnya, apabila masyarakat tidak izin dan melakukan pembakaran, maka akan kita lakulan proses penegakan hukum, karena mengabaikan semuanya, mengabaikan semua hal yang sudah disepakati," ujarnya.

Dalam rakor bersama unsur forkopimda, tokoh adat dan tokoh masyarakat juga melakukan pembahasan terkait pemberian izin membakar lahan terbatas. 

"Izin membakar lahan terbatas dan terkendali, jadi mekanismenya baru saja dibahas. Moga-moga (semoga) apa yang menjadi bahasan ini bisa kita tuangkan dalam regulasi dan SOP yang nantinya bisa dijadikan pedoman untuk izin membakar ini," ucap Bupati Sukamara, Windu Subagio.

Windu melanjutkan, karena saat ini masih dalam tahap penyusinan, sehingga belum adanya izin yang membolehkan masyarakat untuk melakukan aktivktas membakar lahan. "Untuk saat ini belum ada izinnya ini baru penyusunan, baru rencana, seperti itu," tukasnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru