Cegah Bencana Kebakaran, Tim Gugus Tugas Karhutla Akan Dibentuk

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Juli 2020 - 19:50 WIB

BORNEOMEWS, Sukamara - Sebagai upaya mengantispasi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Bumi Gawi Barinjam, Polres Sukamara akan membentuk tim gugus tugas karhutla.

"Jika penanganan covid-19 ini ada tim gugus tugas yang dipimpin oleh bapak Bupati dan ini sudah berhasil, maka kita juga akan mengcopy itu. Akan ada tim gugus tugas juga dalam menanggulangi karhutla," kata Kapolres Sukamara, AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, Rabu, 8 Juli 2020.

Menurut dia, konsep yang digunakan dalam tim gugus tugas kahurla adalah dengan melakukan pendekatan terhadap kearifan lokal yang nantinya akan terus disempurnakan terhadap langkah-langkah yang diambil.

"Seperti apa yang disampaikan bapak bupati, ini masih proses penyempurnaan terkait mekanismenya bagaimana," ujarnya.

"Sehingga, harapan kita dengan kita akomodir kebutuhan masyarakat, maka masyarakat juga ikut mengawasi terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga harapannya hospot bisa kita tekan dan dikendalikan," harapnya.

Putu Dedy menerangkan bahwa secara turun temurun masyarakat adat sudah melaksanakan membuka lahan cara membakar. Proses pembakaran lahan yang dilakukan oleh masyarakat adat miliki sisi kearifan lokal, mengingat proses pembakaran dilakukan dengan penjagaan agar tidak meluas kelahan lainnya.

"Sisi kearifanya, apabila saat membakar api meluas ke lahan lain, maka ada sanksi yang diterapkan oleh masyarakat adat terhadap pembakar karena tidak menjaga," ujarnya.

"Artinya kita bisa kendalikan dengan konsep terbatas dan terkendali, terbatasnya dengan menggunakan kearifan lokal yang ada. Jadi kita mengcopy dari kearifan lokal," tukasnya. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru