Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah Kamaru Usman Sang Mimpi Buruk dari Nigeria

  • Oleh Teras.id
  • 09 Juli 2020 - 08:46 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kamaru Usman bersiap mempertahankan gelar juara kelas welter di UFC 251 melawan Joger Masvidal. Pertandingan Sabtu, 11 Juli 2020, di Fight Island, Abu Dhabi, ini nyaris batal karena calon lawannya, Gilbert Burns, tidak bisa tampil karena terkena virus corona.

Jorge Masvidal akhirnya menggantikan posisi Burns untuk melawan Usman, meski hanya diberitahu sepekan sebelum pertandingan. Ini merupakan penampilan ke-18 Usman dalam pertarungan bebas.

Rekornya saat ini 16 kali menang dan sekali kalah. Siapa Kamaru Usman Petarung Amerika keturunan Nigeria ini mengawali kariernya sebagai pegulat amatir sejak SMA.

Ketika kuliah, ia sempat merleuat tim Universitas William Penn Iowa selama satu tahun dan masuk kualifikasi nasional NAIA pada 2007.

Ia kemudian pindah ke Universitas Nebraska di Kearney dan membantu kampus memenangkan gelar tim pertamanya di 2008. Kariernya terus menanjak termasuk menjadi finalis kejuaraan nasional.

Setelah itu, ia mencoba peruntungan di MMA pada 2012 setelah mencatat rekor 5-1, ia menapak di Ultimate Fighter pada awal 2015. Sebulan kemudian, ia tampil dalam Ultimate Fighter 21. Pada penampilan pertamnya, ia mengalahkan Michael Graves.

Lalu mengalahkan mantan juara kelas welter WSOF Steve Carl. Ia akhirnya berhadapan dengan Hayder Hassan pada 12 Juli 2015, di The Ultimate Fighter 21 Finale.

Usman kembali menang sehingga mendapatkan kontrak 6 digit dari UFC. Setelah mencatat 9 kali kemenangan berturut-turut, Usman akhirnya menantang juara kelas welter Tyron Woodley pada 2 Maret 2019.

Dalam partai utama UFC 235 itu, dia menang angka mutlak dan menjadi juara baru kelas welter UFC. Ia mempertahankan gelar pertamanya melawan Colby Covington di UFC 245 pada 14 Desember 2019.

Petarung ini lahir dengan nama Kamaruddin Usman di Auchi, Nigeria, 1987. Ayahnya semula anggota Angkatan Darat Nigeria sebelum pindah ke AS saat dirinya berumur 8 tahun. Ia dijuluki Marty karena pelatihnya saat SMA kesulitan melafalkan Kamaru.

Berita Terbaru