Ini Tujuan Diluncurkan Kartu Tani di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Juli 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terkait peluncuran  Kartu Tani pupuk subsidi 2020 yang digelar Pemkan Kotawaringin Barat  (Kobar) melalui  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar, Kamis, 9 Juli 2020, Kadis TPHP Kobar Kamaludin menjelaskan terkait penyaluran kartu tersebut.

"Pupuk subsidi bagi petani di Kalteng berjumlah  43.546 ton. Sedangkan untuk  petani di Kabupaten Kobar sebanyak  7.300 ton dengan persentase alokasi menurun secara  nasional,” jelas Kamaludin.

Menurut Kamaludin, mencermati penyaluran subsidi pupuk, sejak tahun 2017 di laksanakan pemutakhiran data dan dibuat kartu tani, yang sudah di ujicobakan di daerah jawa dan mulai di terapkan secara nasional pada tahun 2020. 

"Di Kabupaten Kobar, sebanyak 11.109 NIK petani yang merupakan anggota kelompok tani terdaftar dan tersebar di seluruh kecamatan mendapatkan Kartu Tani tersebut," jelas Kamaludin.

Kamaludin mengatakan Pemkab Koba5 menjadi yang pertama melakukam  peluncuran Kartu Tani bekerjasama dengan pihak perbankan.

"Pihak perbankan yang turut dalam program ini merupakan bukti sinergitas bersama pemkab dan elemen lainnya, dan menjadi ini yang pertama. Kerjasama ini bertujuan memudahkan monitoring penyaluran pupuk dgn cepat dan tepat. Jadi kartu tani ini dibuat agar bisa digunakan para petani berbelanja pada kios pupuk," jelas Kamaludin. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru