RSUD Palangka Raya Bisa Terima 24 Sampel Swab PCR Covid-19 Setiap Hari

  • Oleh Hendri
  • 09 Juli 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Setelah melalui visitasi Laboratorium Mikrobiologi Klinik Biomolekuler atau alat Swab Test PCR RSUD Palangka Raya telah beroperasi sejak 7 Juli 2020.

"Satu hari minimal 24 sampel kita terima. Yaitu pasien swab hasil tracing dari Dinkes kota dan pasien RS Kota yang masih dalam perawatan," kata Humas RSUD Kota Palangka Raya, dr Hendra Panguntaun, Kamis 9 Juli 2020.

Hendra menjelaskan keberadaan alat ini akhirnya mampu membantu pemerintah setempat untuk mendapatkan hasil yang cepat dan akurat mendeteksi seseorang terpapar virus corona atau tidak.

"Sekali running bisa melakukan pemeriksaan sebanyak 24 sample dan sejauh ini rata-rata kita kerjakan 2 kali running per hari," imbuhnya.

Alat ini juga digunakan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan hasil rapid test massal warga setempat yang hasilnya reaktif.


Pemeriksaan berdasarkan hasil tracing itu juga sudah ditanggung pemerintah sehingga tidak dipungut biaya. Warga yang dinyatakan positif Covid-19 juga langsung mendapatkan perawatan intensif pada rumah sakit tersebut. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru