Sambil Berjalan Kaki, Bupati Edy dan Presiden Joko Widodo Tinjau Kawasan Food Estate

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 09 Juli 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo akhirnya mengunjungi Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Kamis, 9 Juli 2020 sore untuk melihat kawasan pengembangan ketahanan pangan atau food estate. Kunjungan ini akhirnya terpenuhi setelah sebelumnya sempat batal. 

Kedatangan Presiden bersama sejumlah menteri di Desa Belanti Siam dengan menggunakan jalur udara disambut langsung oleh Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo. Sambil berjalan kaki, Edy bersama Presiden dan para menteri meninjau hamparan sawah menghijau di Desa Belanti Siam. 

Edy Pratowo mengatakan, kunjungan Presiden ini dalam rangka tindak lanjut keseriusan pemerintah pusat terkait masalah ketahanan pangan. Lanjut Edy, khusus di Kalimantan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau dipilih menjadi salah satu daerah stok ketahanan pangan nasional bersama Kabupaten Kapuas. 

"Akibat pandemi inikan informasinya terjadi kelangkaan pangan. Sehingga kita menyiapkan stok pangan nasional dengan membuka wilayah potensial untuk ketahanan pangan," kata Edy. 

Bupati mengharapkan, melalui kegiatan food estate ini memberikan cadangan pangan nasional. Hasil produktifitas pertanian juga diharapkan terus meningkat melalui program food estate ini. 

"Misalnya yang tadinya dalam satu hektare panennya hanya 2 atau 3 ton, melalui program ini diharapkan panennya bisa 5 sampai 7 ton," harap Edy. 

"Sehingga hasil dari pertanian ini meningkat baik dari pendapatan nasional maupun bagi masyarakat," tutup bupati. (M.BADARUDIN/m)

Berita Terbaru