Seragam Gratis akan Disalurkan, Pungutan Uang Seragam Harap Dikembalikan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Juli 2020 - 11:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Diharapkan pihak sekolah untuk mengembalikan uang pungutan untuk pembelian seragam. Lantaran seragam gratis dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk murid SD dan SMP sederajat akan didistribusikan pada akhir Juli tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Rosehan Pribadi melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Kartono mengaku sudah meminta kepada pihak sekolah yang telah melakukan pungutan, baik untuk seragam, buku dan pembangunan lainnya untuk dikembalikan kepada orang tua murid.

"Berdasarkan hasil monitoring kami, memang benar masih ada sekolah yang memungut biaya untuk seragam, karena alasan tidak tahu dan adanya juga yang beralasan lambatnya pendistribusian seragam gratis. Intinya pihak sekolah tidak sabar, maka kami minta kepada pihak sekolah untuk mengembalikan pungutan ke orang tua," ujarnya, Jumat, 10 Juli 2020.

Kartono menyampaikan jika semua murid baru mendapatkan bantuan seragam gratis dari pemerintah daerah. Tahun ini murid baru tingkat SD sebanyak 5.000 orang. Anggaran untuk pembelian seragam gratis ini sebesar Rp 3 miliar.

"Pemda telah mengeluarkan anggaran yang cukup, sebab setiap murid baru akan mendapatkan 3 jenis seragam gratis yakni seragam merah - putih, seragam pramuka dan seragam batik khas Kobar, seluruh murid baru akan mendapatkan hak yang sama," ungkapnya.

Dijelaskan setiap murid baru akan menerima dalam bentuk barang yang sudah siap pakai. Pihaknya menyiapkan seragam ukiran L, XL dan ukuran XXL.

"Kalau tahun lalu seragam gratis hanya diberikan bagi murid baru dari keluarga yang tidak mampu saja, namun di tahun ajaran 2020/2021 semua murid baru mendapatkan bantuan 3 jenis seragam gratis dari pemerintah daerah Kobar," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru