Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejak Awal Juli 2020 BKSDA Sudah Terima 3 Laporan Gangguan Satwa Dilindungi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juli 2020 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, sejak awal Juli 2020 hingga saat ini sudah 3 kali menerima laporan gangguan satwa dilindungi yang masuk ke perkebunan dan permukiman warga. 

"Tiga laporan tentang satwa liar yang dilindungi kami terima bulan ini. Di Kotim dan di daerah Kabupaten Seruyan," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Jumat, 10 Juli 2020. 

Laporan pertama diterima pihaknya dari warga Ibramsyah, yang menyerahkan seekor buaya. Hal itu dilakukannya karena khawatir buaya menyerang keluarganya. Dirinya merupakan warga Desa Cempaka Mulia Timur, Kecamatan Cempaga. 

Sementara, laporan kedua yakni terkait kemunculan beruang madu di Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan. Hewan tersebut memakan tanaman buah milik warga yang berada di belakang rumahnya. 

Sedangkan yang ke 3 yakni gangguan beruang madu di wilayah Desa Sebabi, Kecamatan Telawang. Hewan itu merusak pohon kelapa daj memakan buah nangka. Kejadian tersebut hampir tiap tahun berulang. Terutama saat memasuki musim kemarau. 

"Kami akan menindaklanjuti laporan tersebut. Guna memberikan rasam aman terhadap masyarakat dan juga hewan dilindungi tersebut," kata Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru