Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bolmong Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah Dibuang Sembarangan Mengundang Satwa Liar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juli 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah mengungkapkan, sampah yang dibuang sembarangan dapat mengundang satwa liar datang mencari makan. 

"Dari yang beberapa kami temukan, sampah yang dibuang sembarang mengundang kedatangan satwa dilindungi. Sehingga lebih baik dihindari," ujar Muriansyah, Jumat, 10 Juli 2020. 

Hal tersebut kebanyakan terjadi diwilayah pinggiran Sampit. Terutama daerah pemukiman yang masih banyak semak belukar. Sehingga jika lingkungan tidak dijaga dengan baik, sampah dibuang sembarangan. Maka hal itu akan menarik satwa dilindungi untuk datang mencari makan. 

Sampah sendiri biasanya akan mengeluarkan bau yang menarik satwa seperti beruang madu, bahkan orangutan. Karena hewan tersebut mencari makan jika datang kepemukiman. 

"Hal ini harus menjadi perhatian masyarakat. Jika tidak ingin lingkungan mereka didatangi satwa dilindungi," kata Muriansyah. 

Hal tersebut bisa kapan saja terjadi. Terutama saat memasuki musim kemarau. Banyak satwa yang datang ke permukiman untuk mencari makan. Sehingga, masyarakat harus berhati-hati. 

"Lebih baik sampah dibuang pada tempatnya, sehingga selain menjaga kebersihan, juga menghindari satwa liar datang," terang Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru