Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hewan Kurban Masuk Kotim Melewati Pemeriksaan Kesehatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juli 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hewan kurban yang masuk Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui jalur laut melewati pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Balai Karantina Pertanian Palangka Raya, Wilayah Kerja Sampit. 

"Setiap sapi dan kambing yang tiba di Kotim, terutama untuk kebutuhan qurban. Kami periksa lebih dukun kesehatan dan kondisi fisiknya," ujar Penanggungjawab Balai Karantina Pertanian Palangka Raya Wilayah Kerja Sampit Agung Rahmadi, Jumat, 10 Juli 2020. 

Pemeriksaan yang dilakukan oleh pihaknya mengikuti standar dari Kementrian Pertanian. Berupa pemeriksaan fisik, dan pengambilan sampel darah sebanyak 10%, guna kebutuhan pengujian khusus. 

Sampel sendiri dikirim ke Palangka Raya untuk dilakukan uji laboratorium. Jika hasilnya negatif atau sehat, maka diperbolehkan untuk diperjual belikan. Dan hasil pengujian terhadap sapi dan kambing yang masuk ke Kotim semuanya sehat. 

"Dari 375 ekor sapi dan kambing yang tiba di Kotim semuanya negatif atau sehat," kata Agung. 

Sementara, hasil uji sample tersebut sendiri dilakukan selama 3 hari di Palangka Raya. Selama ini hewan dikandangkan di tempat pemiliknya. Namun jika hasilnya menunjukan tidak sehat maka bisa ditangani. 

"Yang pasti, sapi atau kambing yang masuk ke Kotim kami periksa kesehatannya," terang Agung. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru