Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar Ajak Masyarakat Jaga Alat Pantau Kualitas Udara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Juli 2020 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengajak masyarakat menjaga alat pantau kualitas udara atau Air Quality Monitoring System (AQMS) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Saat ini alat tersebut berada di Taman Kota Bundaran Pancasila dan tidak berpagar. Sehingga Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman mengajak masyarakat untuk bersama menjaga aset pemerintah.

"Mari bersama - sama kita menjaga alat ukur indeks udara tersebut. Lantaran harganya cukup mahal dan tidak semua kabupaten kota memilikinya," ujarnya, usai hadir dalam penyerahan alat AQMS dari Kementerian KLHK, di Taman Kota Bundaran Pancasila, Jumat, 10 Juli 2020.

Bambang dalam hal ini, mengapresiasi adanya alat ukur kualitas udara di Kobar. Sebab dengan alat tersebut pemerintah dapat mengetahui kadar baik atau buruknya udara untuk kesehatan masyarakat. Sesuai prakiraan BMKG pada Juli dan Agustus terjadi musim kemarau sehingga dikhawatirkan terjadi karhutla.

"Dengan alat ini maka pemerintah dapat mengambil tindakan cepat, apabila udara kurang baik. Seperti pengurangan aktifitas masyarakat di luar rumah, libur sekolah dan atau pengetatan pakai masker," ungkapnya.


Politisi Partai Gerindra ini juga menyarankan kepada Pemkab Kobar agar sekeliling alat tersebut diberi pagar. Ini guna menghindari tangan usil yang akan mengakibatkan rusaknya alat tersebut.

"Tadi sudah saya usulkan supaya diberi pagar. Antisipasi tangan usil yang tidak bertanggung jawab dan berdampak pada rusaknya alat pemantau kualitas udara," tandasnya. (DANANG/m)

Berita Terbaru