Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Balai Karantina Minta Masyarakat Berhati-hati Memilih Hewan Kurban

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juli 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta behati-hati saat memilih hewan kurban. Pilihlah yang sehat dan tidak mengalami cacat fisik. 

"Pilihlah tempat pembelian hewan qurban yang sudah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pertanian. Karena lebih aman dan sudah melalui pemeriksaan kesehatan," ujar Penanggungjawab Balai Karantina Pertanian Palangka Raya Wilayah Kerja Sampit Agung Rahmadi, Jumat, 10 Juli 2020. 

Dirinya menerangkan, hewan qurban yang diperjual belikan harus melalui tahap pemeriksaan kelayakan pada hewan. Sehingga aman untuk di konsumsi nantinya. 

Masyarakat juga harus mengetahui ciri-ciri fisik hewan qurban yang sah sesuai syariat agama. Terutama harus memperhatikan umur dari hewan tersebut. Dengan usia ideal hewan untuk sapi minimal 2 tahun dan telah masuk ke 3 tahun.  

"Kalau untuk usia kambing minimal 1 tahun dan telah masuk tahun ke 2," kata Agung. 

Selain itu, kondisi fisik juga tidak boleh ada yang cacat. Dan juga sapi harus sehat dan tidak dalam keadaan sakit. Sehingga pelaksanaan qurban sudah sesuai dengan ketentuan agama, dan daging yang dibagikan juga lebih aman untuk dikonsumsi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru