Dinas Perhubungan Kapuas Konsisten Periksa ABK Melintasi Sungai Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Juli 2020 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perhubungan Kapuas bersama instansi terkait lainnya secara konsisten memeriksa kesehatan Anak Buah Kapal (ABK) melintasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas untuk mencegah penyebaran corona virus disease atau covid-19.

Kali ini pihaknya bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palangkaraya Cabang Kuala Kapuas dan TNI AL, memeriksa kapal jenis Tugboat Global Mandiri III yang berlayar dari Gresik Jawa Timur, menuju Buntok, Kabupaten Barito Selatan, bertempat di Pelabuhan Danau Mare Kapuas pada Jumat, 10 Juli 2020.

Kepala Kabid Prasarana dan Kesehatan, Dinas Perhubungan Kapuas, Siter Sandan mengatakan bahwa keadaan kapal yang diperiksa kondisinya yang baik dan ABK kapal yang dibawa oleh kapal tersebut juga dinyatakan sehat semua.

“Iya, hari ini kami kembali memeriksa dan disinfeksi kapal dari luar daerah melintas di DAS Kapuas tersebut, membawa ABK sebanyak 9 orang dalam keadaan dinyatakan sehat,” kata Siter seusai kegiatan.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengedukasi para ABK agar menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19, dengan selalu jaga jarak fisik, gunakan masker saat beraktivitas, dan rajin cuci tangan pakai sabun serta jaga imunitas tubuh.


"Sehingga, kita dapat bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus corona yang terjadi saat ini," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas, Vitrianson mengatakan sampai demgan saat ini sudah 35 lebih kapala dari luar daerah yang dilakukan pemeriksaan saat melintas di DAS Kapuas.

"Ini sebagai upaya kami dalam membantu Gugus tugas untuk mencegah, penyebaran virus corona," kata Vitrianson. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru