Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kapuas Gelar Bimtek Untuk PPK Terkait Pemutakhiran Data

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Juli 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait dengan pemutakhiran data, bertempat di Aula Bappeda Kapuas pada Jumat sore, 10 Juli 2020.

Adapun, kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 10 - 11 Juli 2020. Peserta kegiatan diikuti perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 17 Kecamatan se Kabupaten Kapuas.

Dalam pelaksanaan Bimtek ini KPU Kapuas menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat untuk mencegah terjadinya penularan corona virus disease atau covid-19.

Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa pemilihan lanjutan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kegiatan Bimtek ini adalah proses tahapan yang akan kita laksanakan nanti yaitu tentang pencocokan dan penelitian atau Coklit," ucap Jamilah.

Pelaksanaan coklit itu, lanjut dia akan dilaksanakan serentak pada tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020. Yang dilaksanakan oleh sebantak 1.001 Petugas Pemutakhiran data (PPDP) se Kabupaten Kapuas di 17 wilayah kecamatan.

"PPDP tidak hanya menjalankan tugasnya sebagai petugas pemutakhiran data tetapi juga menjadi suatu cermin integritas dan independensi KPU sebagai penyelenggara pemilihan di tingkat desa dan kecamatan," tuturnya.

Jamilah mengharapkan KPU Kapuas, PPK, adhock hingga jajaran terbawah dapat melaksanakan tahapan tersebut dengan baik dan lancar. Karena pada pelaksanaan Pilkada pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan dilaksanakan nanti sangat berbeda dengan sebelumnya.

"Karena tahapan lanjutan ini dalam masa pandemi, sehingga harus mengedepankan protokol kesehatan dan keselamatan baik bagi penyelengara dan juga peserta pemilih nantinya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru