Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Disarankan Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Hewan Kurban

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Juli 2020 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Kelompok Tani dan Nelayan Andalan atau KTNA Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianor mengingatkan masyarakat yang ingin membeli hewan kurban dalam menyambut Idul Adha, 31 Juli mendatang untuk memperhatikan kesehatan hewan. 

"Kita meminta agar masyarakat dapat teliti sebelum membeli hewan ternak sapi atau kambing untuk kurban. Yang harus diperhatikan warga saat membeli hewan kurban ialah fisik hewan kurban harus sehat dan bukan anakan. Anakan atau dewasa hewan ternak ini dapat dilihat dari giginya yang sudah berganti, berarti sudah dewasa," kata Sugianor pada Jumat, 10 Juli 2020.

Selain itu hewan kurban seperti sapi atau kambing yang dibeli harus dipastikan tidak memiliki luka dan tidak cacat.

"Jangan sungkan bertanya kepada penjual untuk memastikan hewan yang akan dibeli memang layak untuk kurban. Bila perlu minta didampingi orang yang berpengalaman saat akan mencari hewan kurban," tambahnya.

Untuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Palangka Raya, Sugianor meminta agar segera melakukan pemeriksaan kepada hewan-hewan kurban yang dijual di depo penjualan hewan.

"Pemeriksaan tersebut guna meminimalkan potensi ancaman penyebaran penyakit yang menjangkit hewan kurban seperti antraks dan penyakit menular lainnya dari hewan ke manusia," ujarnya. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru