Dinas Sosial Barito Timur Buka Pendataan Usulan Calon Penerima Bantuan Bedah Rumah 2021

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Juli 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Barito Timur, Santai Nyawit mengatakan, pendataan usulan bedah rumah tahun 2021 mulai dibuka.

"Dalam rangka pelaksanaan bantuan sosial reguler yang bersumber dari Kementerian Sosial, kami sejak 9 Juli hingga 10 Agustus 2020 melakukan pendataan calon keluarga penerima manfaat (KPM) untuk bansos rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTLH) atau bedah rumah," ungkap Santai di Tamiang Layang Jumat 10 Juli 2020.

Selain bedah rumah, sosial juga membuka pendataan untuk bansos kelompok usaha bersama (KUBE) dan bansos sarana prasarana lingkungan (sarling).

Santai menjelaskan, sasaran dari bansos reguler RS-RTLH, KUBE dan Sarling tersebut adalah rumah tangga miskin atau RTM yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS Kabupaten Barito Timur.

"Adapun nilai bansos untuk RS-RTLH adalah Rp 15 juta per kelompok, KUBE Rp 20 juta per kelompok, dan Sarling Rp 50 juta per kegiatan," imbuh Santai.

Dinas sosial pun secara resmi telah mengirim surat ke seluruh kepala desa atau lurah se Kabupaten Barito Timur menyampaikan pemberitahuan pendataan bansos reguler tersebut.

Mekanisme pendataannya, dimulai dari pemerintah desa atau kelurahan yang mengusulkan bansos tersebut ke Kementerian Sosial melalui dinas sosial setempat.

"Dalam hal pendataan KPM, nanti pemerintah desa atau kelurahan akan dibantu oleh pekerja sosial masyarakat (PSM) dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK)," jelasnya.

"Syarat dan kriteria 3 bansos reguler tersebut ada dalam surat yang telah kami kirim ke seluruh desa dan kelurahan, harapan kami masyarakat miskin di Kabupaten Barito Timur bisa terbantu melalui bansos reguler tersebut," pungkas Santai. (BOLE MALO) 

Berita Terbaru