Kedisiplinan Masyarakat Gunung Mas Gunakan Masker Dinilai Menurun

  • Oleh Hendra
  • 10 Juli 2020 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kapolres Gunung Mas, AKBP Rudi Asriman, menilai kedisiplinan masyarakat di wilayah hukumnya dalam menggunakan masker mengalami penurunan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Gunung Mas usai melaksanakan patroli gabungan menggunakan sepeda bersama Pabung Kodim 1016 Palangka Raya di Gunung Mas, Kapten Inf Ayyuf dan anggota lainnya di kawasan pasar hingga Taman Kota Kuala Kurun, Jumat, 10 Juli 2020.

Rudi Asriman mengatakan, masih ditemukan sejumlah pedagang, pengunjung pasar, hingga anak-anak yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di tempat keramaian. Alasannya, karena ketinggalan.

"Kai langsung menegur serta meminta warga yang bersangkutan untuk pulang. Jika ingin beraktivitas di luar rumah harus wajib menggunakan masker," katanya.

Menurutnya patroli gabungan tersebut sangat penting dilakukan, sebab dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Intinya patroli ini dimaksud untuk memastikan bahwa masyarakat benar-benar mematuhi instruksi pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19," ujarnya. 

Ia berjanji akan lebih gencar melaksanakan patroli rutin guna mendisiplinkan masyarakat. Hal ini juga sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden RI, Joko Widodo kepada gubernur serta bupati atau walikota dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sejak 2 hari terakhir dan seterusnya, anggota kita bakal rutin menggelar operasi penertiban masyarakat maupun pengguna jalan yang tidak menggunakan masker atau mengindahkan physical distancing. Hal yang sama juga dilakukan polsek jajaran," imbuhnya. (HENDRA/B-11)

Berita Terbaru