Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Naik Rp 87,9 Triliun, Kekayaan Elon Musk Lampaui Warren Buffett

  • Oleh Teras.id
  • 11 Juli 2020 - 13:10 WIB

TEMPO.COJakarta - Kekayaan Elon Musk sekarang melampaui Warren Buffett. Bloomberg Billionaires Index mencatat nilai kekayaan kepala eksekutif Tesla Inc. tersebut naik US$ 6,1 miliar atau sekitar Rp 87,9 triliun (kurs Rp 14.404 per dolar AS) setelah saham produsen mobil listrik tersebut melonjak 11 persen.

Dengan begitu, Musk sekarang orang terkaya ketujuh di dunia. Ia juga mengungguli taipan teknologi Larry Ellison dan Sergey Brin.

Pria berusia 49 tahun itu memiliki sekitar seperlima dari saham Tesla yang beredar atau setara US$ 70,5 miliar. Adapun kepemilikan saham mayoritasnya di SpaceX menyumbang sekitar US$ 15 miliar terhadap kekayaan Musk.

"Saham Tesla meningkat 269 persen tahun ini. Valuasi perusahaan yang melejit memberikan Musk pendapatan sebesar US$595 juta awal tahun ini, menjadikannya CEO dengan bayaran tertinggi di AS," seperti dikutip melalui Bloomberg, Sabtu, 11 Juli 2020.

Musk adalah pengusaha teknologi terbaru yang berhasil melampaui Warren Buffett di jajaran orang terkaya di dunia. Steve Ballmer, mantan CEO Microsoft Corp, dan co-founder Google Larry Page dan Brin juga telah menyusul kekayaan Buffet, serta taipan India, Mukesh Ambani yang juga mengungguli kekayaan Oracle of Omaha pekan ini.

Mike Novogratz, manajer keuangan yang sekarang menjalankan Galaxy Digital Holdings Ltd., memperingatkan bahwa penilaian perusahaan teknologi terlalu tinggi dan investor kecil harus keluar dari pasar sebelum nilainya jatuh. "Kita berada dalam kegembiraan yang tidak rasional, ini adalah gelembung," katanya dalam sebuah wawancara televisi Bloomberg.

Lebih jauh, Mike Novogratz mengingatkan, perekonomian sedang bergerak melambat. "Kita masih dihantui Covid-19, namun pasar teknologi menghasilkan nilai tertinggi baru setiap hari. Itu adalah gelembung spekulatif klasik," ucapnya.

Adapun Kekayaan Warren Buffett turun awal pekan ini setelah dia melepas US$ 2,9 miliar saham di Berkshire Hathaway untuk amal. Investor berusia 89 tahun ini telah melepaskan lebih dari US$ 37 miliar saham Berkshire sejak 2006.

TERAS.ID

Berita Terbaru