Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Tips Penting Memilih Meja Makan Dari Ukuran Hingga Material

  • Oleh Teras.id
  • 11 Juli 2020 - 14:05 WIB

TEMPO.COJakarta - Salah satu pertimbangan saat mendekorasi ruang makan adalah pemilihan meja makan yang tepat. Ada banyak bentuk, ukuran, bahan hingga harga meja makan di pasaran. Namun, menemukan model meja makan sederhana yang sesuai dengan ukuran ruang makan dan cocok dengan interiornya, bukanlah perkara yang mudah.

Meja makan yang Anda pasang harus memungkinkan semua orang duduk nyaman dan masih menyisakan ruang untuk berjalan di sekitarnya. Lebar meja setidaknya 90 cm, agar tersedia cukup ruang untuk meletakkan makanan dan berbagai menu. Biasanya, panjang meja ikut bertambah menyesuaikan pertambahan lebar meja.

Berikut ini tips penting saat membeli meja makan sesuai kebutuhan ruang Anda

1. Tentukan ukuran meja

Tentukan ukuran meja // overstock.com

Hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah memastikan meja yang akan Anda beli muat di dalam ruang makan. Lucy Harris, seorang desainer interior yang berbasis di New York memberikan saran tentang ruang bebas yang harus Anda sediakan di sekitar meja. Menurutnya, “Selain tapak meja, Anda memerlukan ruang bebas di sekitarnya setidaknya selebar tiga meter. Lebih banyak lebih baik.” Ini dimaksudkan agar Anda bisa duduk nyaman di kursi dan bergerak bebas di sekitarnya.

Ketika memilih meja makan, Anda perlu mempertimbangkan apakah meja akan menjadi bagian dari ruang serbaguna atau ruang makan yang terpisah. Mulailah dengan mengukur panjang dan lebar area yang dapat Anda siapkan untuk meja makan. Kemudian, kurangi sekitar enam meter dari kedua ukuran tersebut untuk mendapatkan panjang dan lebar meja makan yang harus Anda beli.

2. Tentukan Bentuk yang Tepat untuk Anda

Meja makan berbentuk bundar karya Q-big Space Indonesia // arsitag.com

Meja persegi dan persegi panjang adalah yang paling umum. Jadi, Anda akan menemukan banyak sekali opsi gaya, ukuran, dan harga yang beragam di pasaran. Desain meja makan bundar atau oval dapat memberi Anda sedikit ruang untuk bergerak karena memotong sudut meja, tetapi meja ini masih memiliki area permukaan yang cukup baik. Meja bulat atau oval akan menjadi tempat yang bagus untuk mengobrol karena tidak memiliki sisi. Silakan tentukan bentuk meja sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berita Terbaru