Akhir Pekan, Petugas Kembali Periksa Kesehatan ABK Melintas di Sungai Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juli 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Diakhir pekan ini, petugas gabungan kembali memeriksa kesehatan Anak Buah Kapal (ABK) dengan kapal jenis tugboat dari luar daerah yang melintas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, untuk mencegah penyebaran covid-19 pada Sabtu, 11 Juli 2020.

Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Cabang Kapuas beserta pos TNI AL, melakukan pengecekan kesehatan dan menyemprotkan disinfektan di bagian kapal.

Kapal berjenis Tugboat KYS XV yang membawa belasan ABK tersebut berlayar dari Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, menuju ke Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Kabid Prasarana dan Kesehatan Dinas Perhubungan Kapuas, Siter Sandan mengatakan bahwa keadaan kapal yang diperiksa baik itu dokumen dan lainnya dalam keadaan yang baik, dan juga menerapkan protokol kesehatan.

“Kapal itu membawa ABK sebanyak 12 orang, dan dilakukan cek kesehatan, semuanya dalam keadaan sehat,” kata Siter, seusai kegiatan.


Ditambahkannya, bahwa dari awal Maret sampai sekarang ini, pihaknya telah melakukan pemeriksaan lebih kurang sebanyak 38 unit kapal laut dari luar daerah yang telah di periksa melintasi DAS Kapuas.

"Ini sebagai upaya kita bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kami juga selalu edukasi mereka agar menerapkan protokol kesehatan, diantaranya selalu gunakan masker, rajin cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak fisik," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru