Aliansi Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng akan Laksanakan Kongres 17-19 September 2020

  • Oleh Rokim
  • 11 Juli 2020 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Aliansi Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan kongres pada 17-19 September 2020.

Ketua Palaksana Kongres Aliansi Masyarakat Dayak Lintas Dayak Kalteng, Pancani Gandrung mengatakan tujuan dilaksanakan kongres ini salah satunya untuk mengevaluasi capaian-capaian hasil rekomendasi dari hasil kongres yang sebelumnya belum terealisasi.

"Kongres ini sedianya dilaksanakan setiap tahun untuk mengevaluasi terhadap pencapaian hasil kongres yang tidak tercapai. Apa sebab dan kelemahannya di mana, maka harus dievaluasi melalui kongres selanjutnya," tutur Pancani Gandrung di sela mengadakan rapat panitia di .RP Cafe, Jalan Klabat, Kelurahan Palangka, Kota Palangka Raya, Sabtu 11 Juli 2020.

Pancani menegaskan digelarnya kongres ini tidak ada kaitannya dengan agenda politik, meksi dilaksanakan di tahun Pilkada, tapi murni sebagai evaluasi terhadap hasil rekomendasi kongres sebelumnya.

"Kongres ini murni untuk melakukan evaluasi. Banyak persoalan yang akan dibahas, bahkan soal pandemi Covid-19 juga akan menjadi pembahasan, karena wabah ini dampaknya cukup banyak dan salah satunya terdampak dari segi sosial dan ekonomi," imbuhnya.

Ia menambahkan kongres ini digelar murni untuk kepentingan masyarakat Dayak Kalimantan Tengag saat ini dan masa depan.

Untuk itu ia meminta seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kegiatan ini Sementara itu Sekretaris Pelaksana, Ducun Helduk Umar menambahkan digelarnya kongres ini sama dengan kongres sebelumnya, namun kali ini sedikit berubah namanya, tapi maknanya sama.

"Kegiatan kongres ini merupakan sarana perjuangan masyarakat Dayak dari dulu sampai sekarang. Masyarakat Dayak ingin berjuang untuk menuju eksistensinya," sebutnya.

Diakui dari hasil kongres terdahulu ada beberapa hasil rekomendasi yang belum terealisasi dan melalui kongres nanti sebagai sarana untuk merevitalisasi dan evaluasi mengenai cita-cita dan perjuangan masyarakat Dayak yang belum terealisasi.

Dijelaskan, latar belakang terbentuknya panitia kongres ini yakni napak tilas Tumbang Anoi, dilanjutkan Gerekan Dayak Nasional yang dilaksanakan pada 2019 dan hasupa hasundau yang dilaksanakan 30 Juli 2020 di Hotel Hawai Palangka Raya yang mengamatkan agar dibentuk panitia kongres ini.

Berita Terbaru