Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Timur Gelar Kursus Singkat di Desa Murutuwu

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Juli 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur menggelar kursus singkat pengelolaan budidaya ayam petelur di Balai Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat.

Kursus ini diadakan sebagai respon dari dinas pertanian atas masalah yang dihadapi Pemerintah Desa Murutuwu terkait budidaya ayam petelur yang belum juga menghasilkan telur sesuai harapan meski telah melampaui usia produktif.

Pada kursus singkat ini, materi pengelolaan budidaya ayam petelur disampaikan dokter hewan, Rizaldi.

"Saya menyampaikan tentang tiga titik kritis dalam budidaya ayam petelur," ungkap Rizaldi seusai memberikan kursus, Minggu 12 Juli 2020.

Tiga titik kritis tersebut yakni pertama kandang harus memiliki jarak minimal satu meter dari permukaan tanah, kedua manajemen pakan serta yang ketiga manajemen saat ayam datang.

Sementara itu Kepala Desa Murutuwu Ramianto Situl, berterima kasih atas kunjungan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur bersama Koordinator BPP Paju Epat dan dokter hewan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah desa dalam pengelolaan budidaya ayam petelur.

"Kami sangat bersemangat dalam mengembangkan budidaya ayam petelur, namun jadi stres ketika sampai usia produktif ayam belum juga bertelur dan pakan yang disiapkan sudah habis," ungkapnya.

Dia bersyukur dinas pertanian turun ke lapangan dan melihat sumber permasalahan yang terjadi serta memberikan solusi untuk mengatasinya.

"Mudah-mudahan ini berhasil dan kedepannya kami akan terus berkoordinasi dengan dinas pertanian supaya masalah seperti ini tidak lagi terjadi," janjinya.

Kursus singkat diikuti oleh kelompok wanita tani pengelola budidaya ayam petelur serta dihadiri oleh Kepala Desa Telang, Kepala Desa Siong, Kepala Desa Murutuwu dan Ketua KTNA Paju Epat. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru