KPU Barito Selatan Rapid Tes Seluruh Badan Adhoc di Kecamatan Gunung Bintang Awai

  • Oleh Uriutu
  • 12 Juli 2020 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Buntok – KPU Barito Selatan melaksanakan rapid test kepada seluruh badan Adhoc, baik PPK, PPS, PPDP dan sekrtariat PPK serta PPS se Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA), Minggu,12 Juli 2020.

Anggota KPU Barsel, Joob Okta mngatakan kegiatan rapid test ini merupakan penggambaran bentuk kesiapan dalam menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada 9 Desember 2020, utamanya yang terdekat tahapan coklit.

Dalam menyelenggarakan pilkada dalam kondisi pandemi Covid-19 ini harus dapat dilaksanakan dengan memenuhi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Prinsip dasar dari pelaksanaan pilkada dalam kondisi pandemi Covid-19 kita perlu memastikan keselamatan dan kesehatan baik penyelenggara, peserta dan pemilih. Tanpa mengabaikan kualitas demokrasi menjadi ketentuan undang-undang," katanya.

Dia membeberkan khusus untuk Panitia Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) apabila hasil rapid test dinyatakan reaktif, maka akan diganti melalui usulan dari PPS. Sementara untuk hasilnya masih belum diketahui.

“Bila ada reaktif kita akan ganti, karena yang bersangkutan akan karantina mandiri dan tidak bisa bekerja,” ucapnya.

Dia menambahkan untuk total panitia penyelenggara di Kecamatan GBA yang di rapid test berjumlah 180 orang. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru