Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

98 Pasien Covid-19 di Secapa AD Dinyatakan Sembuh

  • Oleh Teras.id
  • 13 Juli 2020 - 10:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Sebanyak 98 pasien dari total 1.280 pasien positif Covid-19 di kluster Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD), telah dinyatakan sembuh.

"Hasil Lab PCR dari swab ke-2 sampai dengan pagi ini, Senin 13 Juli, ada 98 pasien yang dinyatakan negatif," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal Nefra Firdaus, Senin, 13 Juli 2020, dalam keterangan tertulis.

Nefra mengatakan sesuai protokol, swab ke-2 telah dilakukan kepada sebagian dari total 1.280 pasien positif. Masih ada 101 pasien positif di Pusdik Pom yang belum dilakukan swab ke-2. Pasalnya, waktu pelaksanaan swab kedua baru bisa dilakukan satu pekan setelah swab pertama.

"Jadi total pasien positif Covid 19 di Secapa AD pada pagi ini tinggal 1.182 orang," kata Nefra.

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, sebelumnya mengatakan terungkapnya penghuni Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) yang tertular Covid-19 terjadi tidak disengaja.

“Jadi tepatnya dua minggu lalu adalah laporan pertama dari Komandan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat pada saya. Diawali ketidaksengajaan,” kata dia, di Makodam III/Siliwangi, Bandung, Sabtu, 11 Juli 2020.

Andika menjelaskan klaster Secapa TNI AD berawal dari dua perwira siswa yang berobat di Rumah Sakit Dustira di Kota Cimahi. “Yang satu keluhan karena bisul, berarti demam karena adanya infeksi dan satu lagi masalah tulang belakang atau HMP. Tapi ternyata saat mereka di-swab dan positif,” ujar dia.

KASAD mengaku hari itu juga menerima laporan tersebut. Andika pun langsung mengirim alat rapid test dari Jakarta sebanyak 1.250.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru