Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan Melakui 3 Cara Pendekatan

  • Oleh Hendri
  • 13 Juli 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, jajarannya punya cara strategis dalam rangka mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Tepatnya ada 3 cara pendekatan.

"Strategi tersebut dijalankan dengan langkah pendekatan kesejahteraan, pendekatan lingkungan hidup, dan pendekatan secara hukum," kata Fairid Naparin, Senin 13 Juli 2020.

Tiga kompenen itu mampu memberikan edukasi kepada warga agar memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Terutama bagi warga yang mempunyai lahan gambut dalam kondisi rawan terjadi kebakaran.

Dia juga meminta kepada seluruh unsur, baik dari pemerintah, TNI Polri, tokoh mayarakat, relawan dan dunia usaha dapat memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang cara mengelola hutan dan lahan yang benar.

"Terutama pada saat musim kemarau nanti untuk mencegahan serta memberikan pemahaman kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Sebelumnya, Fairid telah mengeluarkan keputusan Nomor 188.45/167/2020 tentang Pembentukan Tim Satuan Tugas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Kota Palangka Raya Tahun 2020. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru