Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Membuka Paket dari Tim Gugus Tugas COVID-19

  • Oleh Teras.id
  • 13 Juli 2020 - 13:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Membeli barang secara daring atau lewat jasa kurir kini semakin banyak dilakukan masyarakat. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 menjelaskan protokol kesehatan yang dapat dilakukan saat menerima kiriman barang dari aplikasi pembelian berbasis daring.

"Jadi kita harus memastikan paket atau kiriman yang kita terima aman dan siap untuk dibuka," kata anggota tim GTPP COVID-19 Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Minggu, 12 Juli 2020.

Ia mengatakan sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga masa PSBB transisi, masyarakat menjadi semakin akrab dengan aplikasi daring untuk membeli atau memesan kebutuhan sehingga tidak perlu keluar rumah. Namun, meski mengurangi mobilitas ke luar rumah akan berdampak positif, masyarakat disarankan untuk tetap memastikan barang-barang yang diterima terjaga kebersihannya.

Untuk itu, protokol kesehatan yang dapat dilakukan guna mencegah kemungkinan penularan COVID-19 saat menerima barang pesanan antara lain adalah dengan menyiapkan tempat khusus di depan rumah agar paket pesanan yang diantarkan ke rumah bisa diletakkan oleh kurir tanpa langsung bertemu dengan pemesan. Setelah barang diterima, bungkus yang melindungi barang disarankan untuk segera dibuang, kemudian diimbau untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau dengan hand sanitizer.

Selanjutnya, pemesan disarankan untuk mensterilkan kotak kemasan dengan menyemprotkan disinfektan di bagian luar kotak. Namun demikian, masyarakat tidak disarankan untuk mensterilkan kotak barang dengan cairan kimia berbahaya tersebut jika barang yang dibeli atau dipesan berupa makanan.

Jika barang pesanan berupa buah dan sayuran, maka buah-buahan dan sayuran tersebut dapat dicuci dengan air yang mengalir atau bisa juga dengan menggunakan sabun khusus sayur dan buah. Namun, jika barang yang diantar berupa makanan, maka masyarakat disarankan untuk memasak sampai matang atau dipanaskan kembali dengan suhu minimal 65 derajat Celsius selama 3 menit.

Terakhir, masyarakat disarankan untuk kembali mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makanan siap untuk dikonsumsi.

"Mari biasakan (protokol kesehatan tersebut). Pastikan rumah tetap aman dari risiko penyakit dan anggota keluarga tetap sehat," kata Reisa.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru