Ini 8 Fokus Penyempurnaan Kurikulum Dikeluarkan Kementerian Agama

  • Oleh Nopri
  • 13 Juli 2020 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalteng H Masrawan menyampaikan 8 fokus penyempurnaan kurikulum yang dikeluarkan Kementerian Agama, Senin, 13 Juli 2020.

Pertama, penataan kembali distribusi materi yang tumpang tindih antar jenjang dan antar kelas.
Ke 2 perumusan level kompetensi yang ditingkatkan untuk membekali peserta didik lebih tinggi dalam berfikir kritis dan inovatif.

Sehingga level kompetensi MI ditingkatkan hampir 30 persen kompetensi dasar berlevel C4, MTs 70 persen dan MA 90 persen level C4 hingga C6.

Ke 3, penataan kesinambungan dan keselarasan perumusan antara KD1 Sikap spiritual, KD 2 Sikap Sosial, KD 3 Pengetahuan dan KD 4 Keterampilan.

Ke 4, penguatan mata pelajaran PAI dan bahasa arab pada aspek sikap dan keterampilan beragama dibanding pengetahuan atau kognitif.

Ke 5, penguatan mata pelajaran PAI dan bahasa arab untuk menghasilkan keyakinan dan penghargaan siswa dalam membuktikan bahwa Islam adalah agama yang sangat relevan dengan kemajuan kehidupan zaman.

Ke 6, penguatan mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagai pengantar siswa menjadi warga bangsa Indonesia yang hidup dalam keberagaman.

Ke 7, perubahan pada materi bahasa arab terutama penyempurnaan dalam penyajian dan metode pendekatan yang digunakan sehingga lebih menekankan pada pendekatan fungsional dari pada struktural.

Ke 8, penyempurnaan kedalaman materi kurikulum mata pelajaran PAI pada madarasah aliyah peminatan ke agamaan, serta penggunaan pengantar bahasa Arab pada pembelajaran PAI dan bahasa Arab pada MA Program Keagamaan. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru