DPRD Palangka Raya Terima Kunjungan Kerja DPRD Barito Timur dan DPRD Banjara

  • Oleh Hendri
  • 13 Juli 2020 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya menerima kunjungan kerja anggota DPRD Kabupaten Barito Timur dan DPRD Kabupaten Banjar, Senin 13 Juli 2020.

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Beta Syailendra mewakili unsur pimpinan DPRD setempat secara langsung menerima kunjungan lembaga legislatif dari daerah tetangga tersebut.

Sekitar 50 anggota dewan hadir dalam kegiatan kunjungan kerja yang digelar di ruang sidang paripurna DPRD dengan pendisiplinan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat.

Beta menuturkan, kunjungan kedua lembaga DPRD tersebut adalah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan serapan anggaran melalui program-program milik Pemerintah Kota (Pemko) selama masa pandemi Covid-19 saat ini.

DPRD Bartim mempelajari bagaimana serapan anggaran dana desa pada saat ini yang berkaitan erat dengan percepatan penanganan Covid-19.

Meski sebenarnya Pemko tidak menyediakan dana desa, namun memiliki program serupa yakni berupa dana kelurahan. Dana kelurahan sendiri telah cukup lama berjalan dalam beberapa tahun anggaran, serta telah masuk dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) masing-masing kelurahan.

Sedangkan untuk DPRD Kabupaten Banjar, mereka mempelajari mengenai fasilitas penerangan jalan umum (PJU) yang berpotensi menjadi pendapatan asli daerah (PAD).

Beta menjelaskan PJU di Palangka Raya adalah salah satu penyumbang PAD terbesar selain PBB dan BPHTB. Lagi-lagi erat kaitannya dalam menggali potensi daerah dimasa pandemi seperti sekarang ini. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru