Kepala Dinas Perdagangan Tinjau Longsor di Pasar Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 Juli 2020 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur, Kariato bersama Kepala UPT Pasar Tamiang Layang meninjau titik longsor di Pasar Tamiang Layang yang terjadi pada Minggu 12 Juli 2020 dini hari.

Kariato menjelaskan dugaan penyebab terjadinya longsor  pada siring atau pondasi penahan tanah pasar yakni curah hujan dengan intensitas cukup tinggi dan lama, sehingga tidak mampu menahan beban air yang diserap oleh tanah.

"Akibatnya siring dengan panjang 23 meter dan lebar 3,30 m serta tinggi 3,10 meter sebagian retak dan sebagian roboh," ungkapnya, Senin 13 Juli 2020.

Selain itu septic tank di belakang pasar dan pondasi bangunan pasar dekat terjadinya longsor mengalami retak.

"Permukaan tanah disekitarnya juga mengalami penurunan dan sebagian material tanah longsor dan pondasi menutupi jalan," paparnya.

Kariato mengkhawatirkan jika hujan tetap turun dalam beberapa hari ini bisa menyebabkan meluasnya longsoran yang terjadi di Pasar Tamiang Layang.

"Karena itu, untuk menghindari kerusakan dan kerugian yang lebih besar, kami berharap SOPD terkait segera menanggulangi permasalahan tersebut," pungkasnya (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru