Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonomi dan Kesehatan Harus Seimbang Saat New Normal di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 13 Juli 2020 - 16:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, untuk menuju tatanan kehidupan baru atau new normal, maka harus ada keseimbangan antara  berjalannya perekonomian dan kesehatan.

"Sekarang sudah ada instruksi Presiden, dimana setiap daerah diminta bertahap menjalankan maupun menuju tatanan kehidupan baru atau new normal,"ungkapnya, Senin 13 Juli 2020.

Pada instruksi tersebut yang terpenting harus diperhatikan oleh setiap daerah yaitu keseimbangan antara perekonomuian dan kesehatan, terutama saat masyarakat beraktivitas secara normal kembali

"Ilustrasinya seperti  rem dan gas. Jadi harus sehias sekata berjalan. Jangan ekonomi di prioritaskan, kesehatan terabaikan. Begitupun sebaliknya,"ujarnya.

Selain itu untuk menuju new normal maka seluruh pemerintah daerah untuk berhati-hati mengambil keputusan dan langkah ketika memutuskan masuk ke dalam pelaksanaan new normal di situasi pandemi.

Sebab itu, salah satu langkah awal yang harus dilakukan setiap daerah mengedepankan aspek epidemiologi tentang kondisi pandemi. Misalnya terkait potensi penularan pandemi Covid-19 yang mesti menjadi acuan untuk menentukan tepat atau tidaknya new normal.

"Salah satunya melihat tingkat RT dari hasil pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah dilakukan. Ketika sudah stabil selama dua minggu masa inkubasi, maka secara perlahan upaya new normal bisa dilakukan. Saat ini kita masih belum mencapai standar tersebut," tutupnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru