Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Dalam Kota Kuala Kurun Meningkat Drastis

  • 13 Juli 2020 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bencana banjir akibat meluap Sungai Kahayan yang sebelumnya juga terjadi di dalam Kota Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas kini meningkat drastis. 

Hingga Senin, 13 Juli 2020, sudah ada beberapa wilayah didalam kota Kuala Kurun yang terendam banjir. Seperti di Jalan Tamang Panji. 

Rusliawan warga Jalan Temanggung Panji mengatakan musibah banjir dari Sungai Kahayan itu mulai meningkat dari Minggu sore hingga Senin malam. 

"Awalnya air hanya menggenangi jalan dengan kedalaman 30 centimeter, tetapi mulai kemaren sore keliatannya debit air dengan cepat meningkat hingga masuk kedalam rumah dengan kedalaman 1 meter," kata pria yang akrab dipanggil Rusli itu.

Menurutnya debit banjir kiriman dari bagian hulu Kabupaten Gunung Mas itu sudah mulai surut sekitar 10 centi meter. Namun masih membanjiri beberapa rumah warga di daerah terebut. 

Dia berharap debit air terus bertambah surut, sebab kondisi banjir sekarang sangat mengganggu aktivitas masyarakat, terlebih saat mengendarai roda dua maupun roda empat. 

"Semoga saja tidak ada banjir susulan lagi,  sehingga debit air tidak semakin naik dan membuat warga mengungsi," tuturnya. 

Sementara dari pantauan borneonews.co.id, banjir juga menggenangi beberapa jalan atau wilayah dalam kota Kota Kuala Kurun yaitu Jalan Sangkurun 2 titik,  Jalan Adonis Samad 2 titik, Jalan lintas Tanjung Riu satu titik dan Jalan Damang Sawang tiga titik. 

Kedalaman banjir yang menggenangi jalan tersebut masing-masing kurang lebih 100 sampai 150 centimeter dengan panjang kurang lebih 20 sampai 150 meter. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru