Ketua DPRD Kotim: Pendidikan Harus Tetap Berjalan di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Naco
  • 13 Juli 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rinie A. Gagah menyebutkan dengan dimulainya tahun ajaran baru ini bisa berjalan dengan baik. Pemkab Kotim diharapkan mencari solusi untuk pembelajaran agar terus berjalan.

Salah satunya menyedikan fasilitas bagi guru ataupun pihak sekolah. Juga pihak sekolah diminta untuk mensiasati untuk siswa yang tidak memiliki fasilitas untuk program belajar itu.

“Kita akui dengan kondisi sekarang memang tidak mudah bagi sekolah untuk melaksanakan pendidikan secara online. Kita ini belum siap, belum mampu," kata Rinie, Senin, 13 Juli 2020.

Tapi apa boleh buat karena prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 saat ini adalah kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. 

"Sehingga belajar dalam jaringan pilihan satu-satunya,” tegasnya. Diakui Rini, secara teknis, pihak sekolah diminta melaksanakan pembelajaran menggunakan sistem dalam jaringan (daring) menyesuaikan kondisi masing-masing. 

Pihak sekolah juga harus mempertimbangkan jika ada siswa yang tidak mampu mengikuti pembelajaran secara online agar mereka juga tetap bisa mengikuti pelajaran tanpa ada pembedaan. 

Misalnya, bagi anak yang tidak terjangkau dengan fasilitas daring, diminta gurunya mendatangi rumah murid.

Bisa pula sekolah mempersilakan orangtua yang ke sekolah mengambil tugas untuk dikerjakan anak mereka di rumah sehingga anak tidak perlu keluar rumah. (NACO/B-6)

Berita Terbaru