Warga Temukan Bayi Orangutan Lepas dari Induknya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 Juli 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Desa Bejarum, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menemukan seekor bayi orangutan yang terlepas dari induknya. 

"Bayi ini terlepas dari induknya, saya menemukan hewan dilindungi itu saat saya pulang dari memancing di sekitar desa ini," ujar Misran (42), Senin, 13 Juli 2020. 

Melihat kondisi bayi orangutan yang terpisah dari induknya. Misran merasa kasihan, sehingga ia memutuskan untuk memberikan perawatan terhadap bayi tersebut. 

Sekitar 1 pekan ia merawat, ia memutuskan untuk membawa kembali bayi tersebut ke hutan dengan harapan bisa bertemu induknya. Namun saat itu sang induk tidak juga terlihat, sehingga ia memutuskan untuk merawatnya. 

"Saya menemukan bayi orangutan tersebut pada 24 Juni 2020 lalu. Saya sempat bawa kembali ke hutan. Namun sang induk tidak terlihat, hingga saya putuskan untuk memeliharanya sementara," katanya.

Setelah sekitar 16 hari dipelihara, ia meminta bantuan kepada perangkat desa untuk nenyerahkan bayi ini kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit dengan harapan bisa dirawat lebih baik lagi. 

"Karena saya kasihan, dan takut bayi orangutan tersebut saki, makanya saya hubungi BKSD. Hingga akhirnya mereka melakukan evakuasi," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru