RSUD Kota Palangka Raya Temukan 59 Sampel Positif Covid-19 Hasil Swab PCR

  • Oleh Hendri
  • 13 Juli 2020 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - RSUD Kota Palangka Raya telah melakukan pemeriksaan terhadap 344 sampel reaktif selama dua pekan ini. Dari jumlah sebanyak itu ditemukan 59 sampel yang hasilnya positif Covid-19.

Humas RSUD Kota Palangka Raya dr Hendra Panguntaun menjelaskan sampel itu bukan berarti semuanya diambil dari orang yang berbeda. Sebab ada sampel yang diambil dari pasien yang sama dan melakukan swab ulang untuk evaluasi diagnosis.

"Ada pasien yang diperiksa secara rutin sampai dengan 4 kali pemeriksaan di hari yang berbeda. Sehingga perlu dipahami hasil itu bukan dari orang yang berbeda-beda," kata Hendra, Senin 13 Juli 2020.

Dalam operasionalnya alat PCR tersebut mampu memeriksa 24 sampel dalam sekali runningnya yang dilakukan dengan durasi dua sampai tiga jam perrunningnya.

"Setelah satu kali running mesin wajib diistirahatkan terlebih dahulu agar tetap terjaga kondisi mesin tersebut," ungkapnya.


Setelah itu bisa kembali melakukan running maksimal sebanyak empat kali running dengan hasil total pemeriksaan sebanyak 92 sampel. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru