Banjir di Tumbang Sanamang dan Tumbang Samba Berangsur Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Juli 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir akibat luapan air Sungai Katingan di Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu dan Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah berangsur surut, Senin, 13 Juli 2020 hari ini.

Camat Katingan Hulu, Hernadie menuturkan, banjir di wilayah Tumbang Sanamang dan sekitarnya mulai menyurut tadi malam pukul 24.00 Wib.

Dan hingga pagi tadi kondisinya sudah normal kembali. "Kondisi air saat ini sudah kembali normal seperti biasa dan cuaca cukup cerah," kata Camat Katingan Hulu, Hernadie. 

Menurutnya, banjir akibat luapan air Sungai Katingan yang terjadi di Tumbang Sanamang hanya berlangsung sehari semalam.

Namun demikian Hernadie tetap mengimbau kepada warga masyarakat di Tumbang Sanamang agar terus mewaspadai bencana banjir ini mengingat kondisi curah hujan saat ini masih tinggi.

Sementara itu menurut Camat Katingan Tengah, Yobi Sandra, banjir di Tumbang Samba saat ini juga sudah mulai menyurut.

Ia mengatakan, banjir di Tumbang Samba juga berlangsung tidak lama. "Pagi tadi kondisi banjir sudah mulai surut, dan hingga siang terus menyurut," katanya.

Namun katanya hari ini banjir menggenangi permukiman wilayah Desa Tumbang Lahang Kecamatan Katingan Tengah.

Sementara itu kondisi air di wilayah Kasongan dan sekitarnya hari ini meningkat dibanding hari kemarin. Luapan air Sungai Katingan tampak mebmmbanjiri pekarangan rumah warga terutama yang bermukim di bantaran sungai. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru