Air Mata Bahagia Akhiri Perjuangan Putri Penjahit Asal Sampit Selesaikan Pendidikan di Akademi Militer

  • Oleh Naco
  • 14 Juli 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Chorida, seorang penjahit asal Sampit bersama suaminya Iqbal Syachwani tergopoh-gopoh menuju tengah lapangan Akademi Militer usai upacara Prasetya Perwira TNI, Selasa, 14 Juli 2020. Pasangan suami istri ini tampak mencari putrinya, Rizky Aulia Syachwani yang sudah menyelesaikan pendidikan di akademi pencetak perwira TNI AD itu.

Ketika melihat sosok berbalut PDU yang sudah menyandang pangkat Letnan Dua TNI itu, Chorida dan Iqbal langsung menangis haru nan bahagia.

Air mata itu pasangan suami istri bersama anaknya itu pecah, menandai akhir dari perjuangan Rizky Aulia Syachwani menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer, Magelang sekitar 4 tahun itu.

"Alhamdulillah sudah resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI," kata Chorida mengawali perbincangannya saat dihubungi borneonews.co.id.

Sementara itu, Iqbal Syachwani menceritakan getar-getir perjuangan keduanya mendukung putri bungsunya itu menggapai cita-cita. Apalagi, kehidupan keduanya sederhana dengan penghasilan sebagai PNS dengan jabatan tak strategis, serta sebagai penjahit.

Persoalan biaya menjadi momok menakutkan Iqbal dan istrinya. Apalagi, isu anak pejabat hingga uang yang tidak sedikit sempat menimbulkan perasaan cemas.

"Kalau dengar anak A ikut, anak ini ikut, agak khawatir juga awalnya. Tapi kami haqqul yaqin dan optimistis kalau Rizky bisa melewatinya. Alhamdulillah isu itu tidak terbukti. Anak kami membuktikannya murni dari hasil seleksi," kata Iqbal. 

Karier cucu dari seorang tokoh jurnalis senior di Kotim, H Anang Syachwani itu pun baru dimulai dan masih panjang. Dia harus mengabdikan kepada negara untuk ditugaskan di mana saja, dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam perjalanan hidupnya, Rizky pernah merasakan kegagalan. Tapi itu tidak menjadikannya patah semangat untuk mewujudkan cita-cita sebagai perwira tangguh abdi negara.

Tapi cucuran keringatan buah perjuangan kerja keras itu dijawab dengan prestasi. Rizky berhasil meraih predikat cumlaude, dan menjadi satu-satunya taruna asal Kalimantan Tengah yang mencapai prestasi itu. 

Sementara itu, pelantikan calon perwira remaja TNI Polri itu dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara secara virtual. Hanya peraih Adhy Makayasa yang dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri yang dilantik langsung di Istana Negara. (NACO/B-11)

Berita Terbaru