Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kota Palangka Raya Belum Layani Rapid Test untuk Umum

  • Oleh Hendri
  • 14 Juli 2020 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Humas RSUD Kota Palangka Raya dr Hendra Panguntaun mengatakan,  pemeriksaan rapid test Covid- 19 di rumah sakit hingga kini  masih belum melayani pemeriksaan untuk umum atau atas permintaan pribadi.

"Iya, pemeriksaan yang kami lakukan hanya untuk screening pasien yang berobat ke rumah sakit tetapi memiliki resiko Covid-19. Terutama pasien hasil tracing Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya,"ungkapnya, Selasa 14 Juli 2020.

Pihaknya hingga saat ini tengah melaksanakan pemeriksaan rapid test menggunakan alat yang merupakan hibah dari Kementerian Kesehatan melalui dinas kesehatan. Oleh sebab itu pemeriksaanya pun tidak ditarik biaya.

"Jadi rapid test yang kami miliki adalah hibah, sehingga semua pemeriksaan hasil tracing biayanya sudah ditanggung pemerintah. Termasuk warga yang telah dinyatakan positif Covid-19  langsung mendapatkan perawatan intensif,"tuturnya.

Sementara terkait dengan beroperasinya alat swab test atau alat Polymerase Chain Reaction (PCR), pemeriksaan sampel seseorang terpapar virus Covid-19 atau tidak  sudah dilakukan oleh pihak rumah sakit tersebut.

Sejauh ini tambah Hendra, alat tersebut digunakan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan hasil rapid test massal yang telah dilakukan. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru