Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Langkah Nyata Menekan Angka Kemiskinan Harus Dilakukan

  • Oleh Naco
  • 14 Juli 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diminta terus melakukan langkah nyata menekan jumlah penduduk miskin dengan melaksanakan program pengentasan kemiskinan yang tepat sasaran.

"Harus dipastikan program apa saja yang dijalankan dan bagaimana efektivitasnya untuk mengentaskan kemiskinan," kata Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD  Kotim, Juliansyah, Selasa, 14 Juli 2020.

Fraksi Gerindra, kata dia, memberi perhatian serius terhadap masalah kemiskinan. Angka kemiskinan dapat menjadi gambaran sejauh mana keberhasilan dan dampak pembangunan terhadap taraf hidup masyarakat.

Kesejahteraan menjadi tujuan akhir pembangunan yang dijalankan pemerintah sehingga sangat wajar jika perkembangan angka kemiskinan warga kabupaten ini selalu menjadi perhatian.

Pengentasan kemiskinan memerlukan dukungan semua pihak.  Upaya ini tidak bisa hanya dibebankan pada Dinas Sosial, tetapi harus didukung banyak pihak karena banyak bidang yang berkaitan dengan upaya ini.

Pihaknya mendukung penuh program dan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten dalam mengentaskan kemiskinan. 

"Upaya tersebut sangat penting karena menyangkut nasib masyarakat yang masih terpuruk di bawah garis kemiskinan," ucapnya.

Fraksi Gerindra, tambah dia, mengapresiasi perkembangan positif terus menurunnya angka kemiskinan di kabupaten ini. Besar harapan mereka, angka kemiskinan terus menurun dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat. 

Sementara itu, angka kemiskinan di Kotim dari tahun ke tahun menunjukkan penurunan. Pemerintah daerah terus melakukan berbagai cara agar angka kemiskinan di daerah ini terus berkurang persentase penduduk miskin pada 2013 sebesar 6,85 persen, 2014 sebesar 6,67 persen, 2015 sebesar 6,42 persen, 2016 sebesar 6,32 persen, 2017 sebesar 6,24 persen dan 2018 sebesar 6,21 persen.

Tahun 2020 ini angka kemiskinan terus menurun. Sasaran kebijakan pemerintah daerah membuka peluang ekonomi bagi masyarakat. (NACO/B-7)

Berita Terbaru