Proyek Padat Karya Irigasi di Belanti Siam Berdampak Baik

  • Oleh James Donny
  • 14 Juli 2020 - 23:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengaku proyek padat karya irigasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat di kawasan food estate, berdampak baik bagi masyarakat setempat. 

"Ini sangat baik sekali, diberikan, dilakukan dan melalui proyek padat karya ini juga masyarakat bisa langsung mendapatkan upah," ujar Edy. 

Menurutnya kegiatan padat karya yang merupakan bagian dari program percepatan peningkatan tata guna air irigasi atau P3-TGAI ini sangat berarti sekali bagi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 saat ini. "Melalui kegiatan ini masyarakat masih diberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan," ujar Bupati. 

Selaku pimpinan daerah, Edy memandang apa yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR pada proyek padat karya tersebut sangat baik karena bisa melibatkan masyarakat dan manfaatnya juga untuk masyarakat. 

Proyek padat karya itu merupakan bagian dari program percepatan peningkatan tata guna air irigasi yang bertujuan untuk menyediakan air bagi kawasan pedesaan, dengan cara meIakukan perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi desa. 

Demikian juga kegiatan itu akan memberikan manfaat juga terhadap optimalisasi lahan di Desa Belanti Siam dan sekitarnya sebagai lokasi pengembangan food estate. 

Bupati mengatakan optimalisasi lahan yang dilaksanakan Pemerintah Pusat pada 30 ribu hektare lahan yang ada di Kalimantan Tengah berjalan tahun ini, meliputi Kabupaten Pulang Pisau 10 ribu Hektar dan Kabupaten Kapuas 20 ribu hektar. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru