Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Cek Pembangunan Long Storage

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Juli 2020 - 18:01 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi, dengan didampingi Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Paku dan Kepala Desa Simpang Bingkuang meninjau pembangunan long storage.

Long storage merupakan bangunan penahan air yang berfungsi menyimpan air dalam sungai, kanal atau parit pada lahan yang relatif datar dengan cara menahan aliran sungai untuk menaikkan permukaan air, sehingga volume tampungan airnya meningkat.

Long storage yang dibangun di Desa Simpang Bingkuang ini untuk mengoptimalkan fungsi embung pertanian yang sudah dibangun di desa tersebut pada 2019.

"Kita berharap dengan pembangunan long storage, lahan sawah di kawasan ini yang belum teraliri air dapat difungsikan semua," katanya, Kamis 15 Juli 2020.

Riza menjelaskan pembangunan long storage dengan panjang 100 meter tersebut menggunakan dana alokasi khusus atau DAK penugasan bidang pertanian pada 2020 dengan nilai Rp 120 juta.

"Ini kita kerjakan secara swakelola sehingga dapat memberdayakan tenaga kerja lokal atau membuka lapangan  kerja padat karya serta membantu warga desa terutama saat pandemi Covid-19," jelasnya.

Dia berharap Kelompok Tani Kakau Pamelum yang menggarap lahan sawah bisa mengoptimalkan fungsi embung dan saluran irigasi yang ada untuk meningkatkan produksi padi.

"Nanti tahun depan kita akan bantu membuatkan lagi beberapa dam parit untuk penampung air agar semua lahan yang berpotensi ditanami padi di kawasan ini bisa dimanfaatkan dengan baik," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru