Bupati Kotim Pertanyakan Letak 605 Titik Sumur Bor Dibangun Badan Restorasi Gambut

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juli 2020 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotim Supian Hadi mempertanyakan apakah benar ada 605 titik sumur bor yang dibangun oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) di daerah ini. Karena pihaknya belum mengetahui titik atau letaknya di mana saja. Nah, loh....

"Saya dapat informasi terkait adanya 605 titik sumur bor yang dibangun pihak BRG. Namun saya tidak tahu itu benar atau tidak," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, saat menyampaikan terkait penanganan Karhutla di Kotim saat virtual zoom meeting terkait kesiapan Provinsi Kalteng dalam menghadapi Karhutla, Rabu, 15 Juli 2020. 

Ia senang kalau memang sumur bor tersebut ada di dibangun di Kotim. Sehingga, ia meminta agar dapat diberitahukan kepada pihaknya dimana titik koordinatnya. 

Kalau sudah diketahui, maka akan dilakukan peninjauan agar saat terjadi Karhutla, bisa memanfaatkan sumur bor tersebut untuk memadamkan api.

"Kalau diketahui koordinatnya, kami bisa melakukan pengecekan. Dan tentunya akan  dipelihara guna kepentingan pemadaman Karhutla," terang Supian. 

Sumur bor sendiri sangat berguna ketika terjadi Karhutla. Apalagi di wilayah selatan, saat musim kemarau akan kesulitan mencari air. Sehingga kalau ada api, maka sumur bor tersebut bisa dimanfaatkan untuk penuplai air nantinya. 

"Meskipun begitu, saya belum bisa memastikan apakah sumur bor tersebut ada atau tidak. Yang pasti saya berharap sumur bor tersebut sudah dibangun di Kotim," harap Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru