Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meskipun Masih Terjadi Hujan Lebat di Kotim Namun Daerah Ini Sudah Siaga Karhutla

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juli 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meskipun saat ini hampir setiap hari terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi. Namun pemerintah daerah sudah menetapkan status siaga Karhutla. 

"Status siaga Karhutla sudah kami tetapkan sejak 23 Juni 2020 lalu, karena dari perkiraan BMKG beberapa waktu lalu, pada Juli 2020 sudah memasuki musim kemarau," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Rabu, 15 Juli 2020. 

Penetapan status siaga tersebut juga melihat terjadinya kebakaran lahan di beberapa titik. Dan juga sebagai awal antisipasi agar tidak terjadi Karhutla yang besa di Kotim ini. 

Supian sendiri mengakui bahwa saat ini memang masih terjadi hujan. Dan hal itu patut disyukuri. Karena bisa membawa dampak positif tidak terjadinya Karhutla di daerah ini. 

"Yang pasti kami terus berupaya agar Karhutla tidak terjadi di Kotim. Walaupun ada, namun tetap dapat tertangani," kata Supian. 

Sementara, siaga Karhutla sendiri lebih awal dilaksanakan. Karena pihaknya mengantisipasi terjadinya Karhutla seperti tahun 2019 lalu. Dimana ada 2.050 hektare lahan yang habis dilahap api. Sehingga menjadi salah satu daerah di Kalteng yang luasan lahan terbakar terbanyak. 

"Kami juga tidak ingin kabut asap menghantui daerah ini. Sehingga mengganggu perekonomian dan aktivitas masyarakat," terang Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru