Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kobar Dukung Pembangunan dengan Pemekaran Wilayah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Juli 2020 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) mendukung dan mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan dengan melakukan pemekaran wilayah desa atau kelurahan.

Anggota DPRD Kobar dari Fraksi Partai Gerindra, Sri Lestari mengatakan pemekaran wilayah desa dan kelurahan juga sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pemkab telah melakukan pemekaran desa di Kecamatan Kumai dan Kecamatan Arut Selatan guna mendongkrak perekonomian masyarakat," ujarnya, Kamis, 16 Juni 2020.

Setelah pemekaran desa dan kelurahan, ke depannya akan melakukan pemekaran Kecamatan, seperti di Kecamatan Pangkalan Lada.

Sebab di Kalimantan Tengah jumlah kecamatan di Kobar paling sedikit dibandingkan di kabupaten lainnya, padahal jumlah penduduknya cukup banyak.

Ditunjang lagi jangkauan wilayahnya cukup luas, sehingga perlu mendekatkan pelayanan dengan melakukan pemekaran wilayah kecamatan.

Sri Lestari juga menyampaikan Pemkab Kobar telah menyiapkan desa persiapan di Kecamatan Pangkalan Lada dan telah melantik pejabat kepala desa persiapan, sehingga bagi desa yang telah memenuhi syarat administrasi, maka sangat memungkinkan untuk dimekarkan.

Pemekaran wilayah baik desa atau kelurahan dan kecamatan, selain meningkatkan pembangunan juga mendekatkan pelayanan, hal yang utama adalah memperkenalkan penyelesaian masalah yang selama ini belum terselesaikan.

"Misalnya masalah tata batas maupun sengketa lahan dan permasalahan yang lainnya," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru