Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Tampa Salurkan BLT DD Selama 8 Bulan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Juli 2020 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Tampa, Kecamatan Paku rencana untuk menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa atau BLT DD selama 8 bulan.

Kepala Desa Tampa, Dubinata mengungkapkan rencana ini disepakati setelah menggelar musyawarah desa khusus atau musdessus di balai desa, Kamis 16 Juli 2020.

"Jadi penyaluran BLT DD kepada keluarga penerima manfaat sampai Desember 2020," katanya. Nilai bantuan yang diterima oleh setiap keluarga penerima manfaat pada tahap 2 juga mengalami perubahan.

"Jika pada tahap I setiap keluarga menerima sebesar Rp 600 ribu, maka pada tahap II dan selanjutnya keluarga penerima manfaat hanya menerima sebesar masing-masing Rp 300 ribu," jelasnya.

"Tadi juga disepakati perubahan jumlah keluarga penerima BLT DD. Kalau pada tahap I jumlahnya 72, mulai tahap II nanti berkurang menjadi 71 keluarga karena satu orang meninggal dunia," imbuhnya.

Menurutnya, pada musdessus yang juga dihadiri oleh Camat Paku, tim ahli perencanaan kabupaten serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas tersebut, ditetapkan bahwa pada dua bulan terakhir penyaluran BLT DD hanya 4 keluarga yang menjadi penerima bantuan tersebut.

"Itu karena sisa alokasi anggaran untuk BLT DD tidak mencukupi sehingga disepakati hanya 4 keluarga yang dipilih sebagai penerima bantuan," pungkasnya.

Diketahui, Dalam musyawarah desa khusus,  juga dilakukan penyusunan jadwal kegiatan RKPDes dan kegiatan pembangunan desa pada 2021, perekapan usulan dari tingkat RT, membentuk tim verifikasi serta tim penyusunan RKPDes. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru