Solusi Atasi Banjir Rencananya Pemkab Kobar Bangun Ring Kanal Kota Pangkalan Bun

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Juli 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mengatasi kondisi banjir yang terjadi bila intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kota Pangkalan Bun, Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar bakal membangun ring kanal kota Pangkalan Bun.

Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom, Kamis, 16 Juli 2020 mengatakan rencana pembangunan ring kanal kota Pangkalan Bun ini merupakan tindak lanjut dari saran  Komisi C DPRD Kobar terkait solusi mengatasi banjir dalam kota.

"Ini merupakan bentuk sinergitas antara legislatif dan eksekutif dalam meningkatkan pembangunan di Kobar. Karena untuk mengatasi banjir dalam kota Pangkalan Bun diperlukan adanya design ulang, setelah adanya perkembangan kota sekitar 20 tahun lebih," jelas Juni Gultom.

Karena, menurut Juni Gultom, perkembangan kota yang begitu cepat, sehingga dinamika pemanfaatan lahan kota sangat inten.

"Seiring perkembangan kota tentunya diperlukan  penyesuaian utilitas kota yang menyesuaikan dengan perkembangan dinamika yang adam sehingga perlu dilakukan perubahan dimensi dan perubahan sistem drainase dengan mengintegrasikan ke  rencana ring kanal kota Pangkalan Bun," jelas Juni Gultom.

Menurut Juni Gultom, saat ini pihaknya sedang berkordinasi dengan Kementrian PUPR RI karena kewenangan saluran primer ada di Kementrian.

"Desain saluran dalam kota sudah kita buat. Sekarang ini tinggal kita implementasikan sesuai dengan anggaran yang tersedia," pungkas Juni Gultom. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru