Bupati Katingan Sebut Daerahnya Termasuk Rawan Terjadinya Bencana

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Juli 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menghadiri video conference talk bersama dengan tema 'Kesiapan Provinsi Kalimantan Tengah dalam menghadapi dan mengatasi Karhutla' di ruang rapat bupati Katingan, Rabu, 15 Juli 2020.

Bupati menyebut, Kabupaten Katingan merupakan salah satu dari 136 kabupaten dan kota yang memiliki tingkat risiko bencana yang tinggi. Itu berdasarkan Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Untuk itu, diperlukan koordinasi secara terus menerus antara Organisasi Perangkat Daerah terkait dan keterlibatan masyarakat serta pihak ketiga untuk satu pandangan dan satu tujuan menangani kebencanaan, baik pada tahap pencegahan, pelaksanaan dan pasca-bencana.

Sakariyas mengatakan saat ini upaya-upaya yang dilakukan dalam pencegahan yakni sosialisasi ke kecamatan se Kabupaten Katingan. Sosialisasi itu berupa pemberian informasi kepada masyarakat melalui media cetak, papan imbauan larangan membakar lahan, rambu area rawan karhutla, dan spanduk imbauan larangan membakar. Selain itu juga mendirikan posko karhutla di 13 unit dengan jumlah satuan tugas sebanyak 36.

Tidak hanya itu, juga berkoordinasi antar-lintas sektor seperti KLHK, TNI Polri, perusahaan perkebunan dan pertambangan, HPH, Manggala Agni dan melibatkan masyarakat. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru